Hotel dan Wisata Magelang, Wisatane.Com – Jawa tengah memiliki banyak bertebaran kota tua beserta obyek wisatanya. Salah satu yang memiliki sejarah kota sejak zaman kolonial adalah Magelang kota dan Kabupaten Magelang ( selanjutnya kita sebut saja Magelang ).

Di Magelang ada beragam obyek wisata; mulai religi, alam, obyek wisata keluarga yang biasanya digunakan anak muda untuk ajang selfie dan berakhir pekan bersama sanak famili. Ada juga tempat peristirahatan berupa hotel, hostel yang bisa dijumpai di dekat tempat-tempat wisata atau di pusat kota.

Membahas Magelang tak akan ada habisnya, yuk kita kupas satu persatu tempat wisata serta hotel yang berada di Magelang ini, semoga dapat memberikan panduan bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi.




Tempat Obyek Alam Wisata Magelang

Jika Anda berkunjung ke Magelang bertujuan menikmati obyek wisata alamnya, di bawah ini kami rekomendasikan beberapa tempat yang layak untuk dikunjungi

  1. Punthuk Setumbu Magelang

Tempat wisata yang tidak begitu jauh dari borobudur ini merupakan obyek wisata yang paling dicari bagi pemburu sunrise dengan background borobudur. Lokasi tepatnya berada di Jalan Borobudur, Ngadiharjo Kilometer 3 Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, 56553, Indonesia.

Tips: Bagi yang ingin mengabadikan sunrise borobudur, ada baiknya datang lah pada bulan juni sampai agustus dan usahakan untuk datang sebelum jam 5 pagi. Lihat selengkapnya di Punthuk Setumbu Magelang

  1. Gunung Andong Magelang

Memiliki ketinggian sekitar 1.700 MDPL menjadikan gunung ini ramah bagi pendaki pemula. Meski tidak tinggi, puncak dari gunung Andong ini menyajikan pemandangan yang sulit dikatakan. Sunrise Gunung Andong banyak diburu oleh kalangan potografer dan remaja.

Tips: Bagi Anda yang ingin mendaki gunung Andong dan ingin mengambil poto sunrise-nya, lebih baik mendaki pada sore hari dan menginap diatas. Bawalah tenda serta perlengkapan camping lainnya. Untuk pemula lebih baik mendaki dari jalur basecamp Sawit, selain lumayan bersahabat jalurnya juga merupakan jalur mendaki yang banyak dikenal sehingga Anda akan memiliki banyak teman seperjalanan. Selengkapnya bisa dibaca di Wisata Gunung Andong.

  1. Air Terjun Sekar Langit

Ini merupakan salah satu air terjun kebanggan Magelang, Sekar langit yang secara bebas dapat diartikan bunga yang jatuh dari langit. Air nya berasal dari gunung Telomoyo, gunung yang menjadi batas antara Magelang dan Salatiga. Ketinggian Air terjun ini mencapai 30m.

Lokasi air terjun ini berada di desa Telogo rejo, Grabak. Meski dapat diakses dengan motor atau mobil, kehati-hatian tetap harus ditingkatkan karena jalannya yang lumayan curam. Tiket masuk obyek wisata ini antara 2000-3000 rupiah per orang. Selengkapnya bisa dibaca di Wisata Sekar Langit Magelang.

  1. Ketep Pass Magelang

Berlokasi di Desa Ketep Kecamatan Sawangan, Ketep Pass memiliki ketinggian sekitar 1200 mdpl. Karena lokasinya yang memang diantara Gunung Merapi dan Merbabu, Ketep Pass juga sering dinamai dengan Gardu Pandang Merapi.

Jika Anda bertolak dari Kota Magelang, kurang lebih akan memakan jarak sekitar 30-Km. Untuk mencapai tempat ini pun cukup mudah, bahkan mobil atau minibus bisa sampai di tempat tujuan. Untuk Tiket masuk Ketep Pass sendiri cukup terjangkau, antara 7500-15000 perorang sudah termasuk asuransi. Selengkapnya baca di Wisata Ketep Pass Magelang.

  1. Air Terjun Curug Silawe

Lokasi nya berada di desa Sutopati, Kecamatan Kajoran. Memiliki ketinggian sekitar 500mdpl. Disini ada dua curug Curug Silawe dan Curug Sigong. Meski pada musim-musim kemarau biasanya curug ini sedikit airnya, namun keindahannya sungguh layak didatangi bagi kamu yang doyan selfie.




Jarak dari Kota Magelang sekitar 40-an Km, dapat ditempuh dengan mobil atau sepeda motor. Namun untuk mobil mungkin tidak bisa mencapai loket tiket karena jalannya yang memang menanjak. Tiket masuk Curug Silawe ini 2000 perorang sudah termasuk auransi jasa raharja 250 rupiah πŸ˜€ Sedangkan bagi Anda yang membawa sepeda motor hingga ke atas, parkirnya Rp.1000. Selengkapnya bisa dibaca di Wisata Curug Silawe Magelang.

  1. Grojogan Kedung Kayang

Ketinggian air terjun ini sekitar 40m-an. Berlokasi di Wonolelo Kecamatan Sawangan, Magelang. jika Anda ingin ke Boyolali dari Ketep Pass, maka 3 Km dari ketep, Anda akan menjumpai air terjun kedung kayang ini. Harga Tiket masuk ke area wisata ini adalah Rp.2500 dan parkir Rp.1000 . Baca selengkapnya di Grojogan Kedung Kayang.

  1. Candi Umbul Magelang

Letak lokasi Candi Umbul berada di desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten magelang. Candi yang merupakan peninggalan Wangsa Syailendra ini memiliki tempat pemandian air hangat yang sayang untuk dilewati.

Untuk tiket masuk wisata magelang yang satu ini, Orang dewasa cukup membayar 3500 saja dan anak anak cukup 2500 saja. Dengan harga yang cukup terjangkau tersebut, Anda serta keluarga dapat merasakan nikmatnya pemandian air hangat Raja-raja terdahulu. Baca selengkapnya di Candi Umbul Magelang.

  1. Candi Selogriyo

Bisa dikatakan candi ini berada di kaki lereng gunung sumbing bagian kiri πŸ˜€ Tepatnya di dusu Campurrejo, Desa Kembang kuning Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Candi yang berada di sekitar 740 mdpl adalah peninggalam mataram hindu.

Meski untuk sampai di Gapura Candi bisa dengan sepeda motor namun, jalannya begitu ekstrim, mending dengan berjalan kaki yang lumayan jauh sambil menikmati asrinya persawahan dan perbukitan yang benar-benar alami.

Tiket masuk Candi Selogriyo ini pun cukup murah, antara Rp.2000-Rp.5000-an per orang. Selengkapnya bisa dibaca di Candi Selogriyo Magelang.

  1. Candi Gunung Wukir

Karena berada di bukit Wukir, Candi ini dinamakan Candi Gunung Wukir. Berlokasi tepat di Dusun Canggal Desa Kadiluwih, Kec Salam. Candi ini menyimpan bukti perjalanan kerajaan Medang atau Mataram Hindu. Dan berdasarkan prasasti Canggal ada kemungkinan bahwa nama asli candi ini adalah Shiwalingga atau Kunjarakunja. Selengkapnya baca Wisata Candi Gunung Wukir

  1. Candi Gunungsari

Tak jauh dari Candi Wukir terdapat candi gunungsari tepatnya berlokasi di Desa Gulon Kec. Salam. Meski candi ini sudah berserakan namun melihat petilasan candi ini tidaklah rugi karena walaupun hanya terdapat sisa-sisanya saja, pemandangan di tempat ini sungguh menggoda. Cocok sebagai tempat wisata Magelang dan bagi yang doyan selfie? πŸ˜€ Selengkapnya Baca Wisata Candi Gunungsari

  1. Candi Pawon

Candi ini berada di tengah-tengah antara Candi Borobudur dan Candi Mendut. Untuk harga tiket masuk candi ini adalah Rp.2000-an bagi warga negara dan Rp.3000-an untuk Warga negara asing. Dibuka setiap hari mulai jam 6 pagi sampai jam 5 Sore. Selengkapnya Baca Wisata Candi Pawon

  1. Candi Mendut

Lokasi candi ini berada di Desa Mendut. Sekitar 3km ke Timur jika Anda dari arah Candi Borobudur. Buka setiap hari Mulai pukul 6 pagi hingga 5 Sore hari. Harga tiket masuk antara Rp.2000 hingga Rp.3000. Di tempat ini pada malam hari sekitar pukul 7-8 malam WIB diadakan ritual Chanting.

Chanting adalah semacam ritual dengan menggunakan alat musik serta nyayian. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca Wisata Candi Mendut.

  1. Candi Ngawen

Berada di Desa Ngawen Kec. Muntilan. Keunikan candi ini adalah disetiap sudut candinya ada relief singa nya. Selengkapnya bisa dibaca di Wisata Candi Ngawen

  1. Candi Borobudur

Kalau untuk yang ini sudah tak asing lagi. Magelang, ya Borobudur. Jadi jangan salah ya. Borobudur itu di Magelang bukan di Yogyakarta. Meski nanti ketika berada disekitaran candi Anda akan menemui kaos yang bergambar Candi Borobudur namun bertuliskan Yogyakarta.

Harga tiket masuk Wisata Magelang Candi Borobudur untuk Dewasa ( diatas 6 tahun ) adalah Rp.30000 sedangkan anak-anak ( usia 4-6 tahun ) adalah Rp.12500. Sedangkan harga bagi tourist Dewasa $20 dan Anak-anak $10. Jam buka candi Borobudur pun sama seperti candi-candi lainnya antara jam 6 pagi hingga jam 5 sore waktu setempat.

  1. Rumah Kamera

Ini adalah salah satu obyek wisata Magelang yang unik. Berlokasi di Jalan Majaksingi Kec. Borobudur. Magelang. Pemiliknya bernama Bapak Tanggol, seorang pelukis. Untuk masuk ke dalam rumah kmaera ini harga tiket nya hanya 15000 perorang. Masih harga yang patur diperjuangkan jika Anda suka sesuatu yang baru dan ingin berfoto ria disana.

Untuk lebih detailnya Anda bisa membacanya di Rumah Kamera Magelang.

Sebenarnya masih ada beberapa lagi tempat yang bisa anda kunjungi jika berada di Magelang seperti Rumah Ayam, Desa Wisata Candi Rejo, Rafting di Sungai Elo dan Kebun Bibit Magelang. Mungkin di lain kesempatan akan kami tulisa lebih detail untuk semuanya.

Tarif dan Lokasi Hotel Magelang

Setelah membahas beberapa tempat obyek wisata Magelang, kini kita beralih ke tempat penginapan atau hotel-hotel di Magelang. Beberapa hotel berlabel hotel berbintang, bahkan ada yang sampai memiliki standar Internasional. Yuk simak satu-satu hotel yang bisa Anda tempati ketika berada di Magelang.

  1. Hotel Borobudur Magelang

Jika menginginkan hotel dengan tarif murah, Hotel Borobudur ini mungkin bisa menjadi pilihan. Memiliki tempat parkir sehingga cocok untuk Anda yang bepergian bersama rombongan.

Alamat Hotel Borobudur ini tepat di Jalan. A. Yani Nomer 246, Kedungsari, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, Kode pos 56117 atau bisa dibilang tepat dijalan Magelang-Semarang. Nomer telepon yang bisa dihubungi +62 293 364502. Untuk tarif hotel borobudur ini berkisar antara Rp.150ribu-300ribu/malam. Selengkapnya baca: Hotel Borobudur Indah Magelang

 

  1. Hotel Wisata Magelang

 

Berlokasi di Alamat: Jalan. Jendral Sudirman Nomer 149, Jawa Tengah, kode pos 56125, Telp +62 293 364089. Hotel ini memiliki fasilitas Bus Damri, sehingga Anda akan lebih mudah jika ingin sekalian ke Bandara Jogjakarta.

 

Letaknya yang cukup strategis dengan pusat oleh-oleh, pangkalan taksi dan pasar-pasar besar di Magelang menjadikan hotel ini sebagai tempat penginapan murah. Tarif hotel Wisata ini berkisar antara Rp-100ribu-150ribuan/malam. Selengkapnya bisa dibaca di Hotel Wisata

 

  1. Hotel Sriti Magelang

 

Hotel Sriti berlokasi di Jalan Daha Nomer 23, Kemirirejo, Magelang Tengah. Kota Magelang. Tidak jauh dari pusat kota Magelang dan beberapa tempat kuliner lainnya. Tarif hotel ini dipatok sekitaran Rp.300ribu-Rp.500ribu rupiah/malam. Baca selengkapnya di Hotel Sriti Magelang.




 

  1. Hotel Citihub Magelang

 

Hotel iniΒ  berlokasi di Jalan Gatot Subroto No. 260, Jurangombo Utara, Magelang Selatan. Kota Magelang. Jika ingin reservasi Anda dapat menghubungi no telephone Telepon: +62 293 311758.

 

Dekat dengan alun-alun magelang dengan jarak sekitar 3-5 menit kendaraan bermotor. Dekat dengan warung makan Voor de Tidar yang memiliki menu khas sup kalkun, dekat juga dengan pusat perbelanjaan Giant.

 

Tarif menginap di Hotel Citihub Magelang pun masih tergolong terjangkau. Kisaran tarif/malam-nya adalah 250-600 ribu rupiah. Mengikuti kelas kamar serta waktu booking. Menyediakan beberapa tipe room, diantaranya adalah Deluxe King, Standard King, Standard Twin, dan Nano Deluxe. Selengkapnya bisa dilihat di Hotel Citihub Magelang.

 

  1. Hotel Atria Magelang